Cara Kerja Pompa Air Tenaga Surya

lampu jalan solar cell

Pompa air tenaga surya sebenarnya buka merupakan salah satu teknologi jenis terbaru. Namun, pada umumnya sistem pembangkit listrik tenaga surya ini berguna untuk menggerakkan pompa air. Tipe sistem pompa air tenaga surya terbagi menjadi dua tipe, yakni tipe Submersible (pompa dorong atau pompa celup) dan tipe Surface (Pompa hisap atau pompa permukaan).Biasanya teknologi tenaga surya ini juga untuk menggunakan lampu jalan solar cell.

lampu jalan solar cellPompa air tenaga surya sebenarnya buka merupakan salah satu teknologi jenis terbaru. Namun, pada umumnya sistem pembangkit listrik tenaga surya ini berguna untuk menggerakkan pompa air. Tipe sistem pompa air tenaga surya terbagi menjadi dua tipe, yakni tipe Submersible (pompa dorong atau pompa celup) dan tipe Surface (Pompa hisap atau pompa permukaan).Biasanya teknologi tenaga surya ini juga untuk menggunakan lampu jalan solar cell.

Sedangkan untuk kompenen utamanya, sistem pompa air tenaga surya ini terdiri dari tiga komponen, yaitu :

 

  • Motor Controller

Motor controller ini berfungsi untuk mengatur energi atau arus listrik yang dihasilkan oleh solar panel sehingga bisa digunakan secara maksimum untuk menggerakkan pompa air.

 

  • Solar Panel

Solar panel berfungsi untuk mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik yang nantinya digunakan untuk menggerakkan pompa air.

 

  • Pump Unit

Pump Unit berfungsi untuk mengubah energi listrik yang di salurkan oleh komponen motor controller menjadi energi gerek sehingga pompa air dapat digerakkan.

 

Sistem Kerja Pompa Air Tenaga Surya

Cara kerja pompa air dari tenaga surya ini memang lebih mudah dipahami, karena energi listrik yang dihasilkan dari cahaya matahari akan ditampung lewat plat aluminium yang anda pasangkan. kemudian energi listrik tersebut akan dialirkan ke baterai pompa sehingga pompa air ini bisa dinyalakan. Meskipun cara kerja pompa air tenaga surya ini terbilang sederhana, namun harga satu pompa air dari energi matahari ini cukuplah mahal.

Pompa air tenaga surya ini mampu bekerja sesuai dengan keadaan intensitas sinar matahari. Ketika intensitas sinar matahari tinggi atau pada saat musim kemarau maka pompa air tenaga surya ini mampu mempompa air yang lebih banyak. Namun sebaliknya, jika intensitas sinar matahari rendah atau saat musim hujan tiba maka pompa air tenaga surya ini akan memompa air yang lebih sedikit.

Demikian, itulah sedikit penjelasan singkat mengenai cara kerja pompa air tenaga surya. Semoga dengan adanya beberapa penjelasan ini dapat membantu sebagai tambahan informasi bagi anda semua yang berniat menggunakan pompa air tenaga surya. biasanya teknologi tenaga surya ini juga digunakan untuk lampu jalan solar cell, pemanas air tenaga surya dan lain-lain.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *