Mengenal Tanaman Herbal Pelancar ASI

ASI lancar bagi ibu menggunakan tanaman herbal pelancar ASI

Melihat begitu pentingnya peranan ASI bagi tumbuh kembang buah hati, maka kelancaran produksi dan keluarnya ASI begitu diperhatikan oleh para ibu zaman sekarang. Beruntung karena semakin banyaknya ibu-ibu yang sadar akan hal ini. Dan artikel berikut diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan ibu-ibu sekalian.

Melihat begitu pentingnya peranan ASI bagi tumbuh kembang buah hati, maka kelancaran produksi dan keluarnya ASI begitu diperhatikan oleh para ibu zaman sekarang. Beruntung karena semakin banyaknya ibu-ibu yang sadar akan hal ini. Dan artikel berikut diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan ibu-ibu sekalian.

Untuk membantu melancarkan ASI, ternyata di sekitar kita ada banyak tanaman herbal pelancar ASI yang bisa digunakan, dan khasiatnya sudah terbukti nyata dirasakan oleh para ibu sejak dulu kala.

Apa saja tanaman tersebut? Simak ulasannya!

  1. Habbatussauda

Dalam bahasa yang lebih dikenal, biasanya orang menyebut habbatussauda sebagai jintan hitam. Habbatussauda mengandung kombinasi dari unsur lipid dan struktur hormon yang dapat merangsang peningkatan ASI pada seorang ibu yang berada pada masa menyusui. Selain itu, kandungan arginine yang dimilikinya sangat dibutuhkan anak untuk masa tumbuh kembangnya, apalagi mereka yang baru akan melalui masa keemasannya.

Seperti ASI yang tentunya mampu menutrisi perkembangan otak anak, maka habbatussauda juga memiliki kandungan tersebut karena kandungan asam linol yang dimilikinya. Dan yang sering kita tahu biasanya anak ASI memiliki kekebalan tubuh yang lebih baik daripada anak yang tidak mendapatkan asupan ASI secara maksimal. Oleh karena itu, pengupayaan kelancaran ASI juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi tanaman herbal pelancar ASI seperti habbatussauda yang mengandung zat yang baik untuk kekebalan tubuh, dari virus atau bakteri bahkan mungkin penyakit yang bisa menyerangnya.

Mungkin tanaman habbatussauda masih sulit ditemukan di negara kita, tetapi Anda jangan khawatir karena kecanggihan teknologi yang ada sudah banyak obat yang juga memanfaatkan nutrisi yang dimiliki tanaman ini. Jadi, sekarang Anda pun dapat dengan mudah mendapatkan manfaatnya, tanpa perlu mencari langsung bentuk nyata tanaman habbatussauda.

  1. Fenugreek

Daerah di Timur Tengah sudah banyak yang menggunakan fenugreek atau kelabat dalam bahasa Indonesia sebagai salah satu tanaman herbal pelancar ASI bagi seorang ibu menyusui. Bahkan tidak hanya negara di kawasan tersebut, melainkan hal ini juga sudah menyebar hingga ke Amerika dan Afrika. Di Amerika, badan yang berwenang dalam penggunaan obat dan makanan seperti BPOM di Indonesia juga menggolongkan tanaman fenugreek ini ke dalam jenis makanan yang aman untuk dikonsumsi.

Dari tanaman fenugreek, yang bermanfaat adalah bagian minyaknya, yang dapat meningkatkan produksi ASI hingga 900 %. Tentu hal ini adalah capaian yang luar biasa, sehingga tak heran jika fenugreek masuk ke dalam stimulator yang potensial untuk produksi ASI.

  1. Fennel

Fennel sebenarnya adalah tanaman yang terkenal pada zaman Yunani Kuno. Kandungan flavonoid dan kumarin yang dimilikinya dapat memberikan efek pada jaringan payudara sehingga nanti akan berpengaruh pada produksi ASI. Dengan mengonsumsi fennel sebagai tanaman herbal pelancar ASI, maka hormon oksitosin dapat meningkat pesat sehingga ASI akan terstimulasi keluar dengan lancar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *