Tips Merawat Genset Solar Yang Benar

Jual Genset di Jakarta

Melakukan perawatan genset solar nampaknya tak akan semudah melakukan perawatan seperti genset jenis lainnya. Memerlukan ketelitian dan juga kesabaran dalam menjaga mesin diesel genset agar kedepannya bisa tahan lama dalam penggunaanya.

Melakukan perawatan genset solar nampaknya tak akan semudah melakukan perawatan seperti genset jenis lainnya. Memerlukan ketelitian dan juga kesabaran dalam menjaga mesin diesel genset agar kedepannya bisa tahan lama dalam penggunaanya. Berikut upaya yang bisa dilakukan agar berbagai indikasi kerusakan genset bisa ditanggulangi, antara lain:

Memeriksa Sistem Pelumas

Meskipun sebuah genset, tetap saja mesin yang membutuhkan pelumas untuk menjaga agar mesin bisa digunakan dalam waktu panjang. oleh sebab itu, selesa menggunakan mesin jangan lupa juga untuk melakukan pemeriksaan level panas pelumas mesin dan memastikan suhuya berada tidak jauh dari simbol fill yang terletak di dipstick. Lakukanlah hal tersebut secara rutin sekaligus melihat apakah sudah waktunya menambahkan atau belum. Karena hal tersebut sangat berguna dalam menjaga kinerja mesin pendingin mesin maupun pemanasnya. Cara yang paling benar ialah matikan mesin terlebih dahulu dan baru tambah pelumasnya.

Memeriksa Sistem Pemanasan

Ketika mesin genset solar Anda bermasalah cobalah untuk memeriksa sistem pemanasnya, apakah dalam kondisi yang stabil? Caranya dengan melambatkan mesin hingga mencapai daya sepertiga net powernya. Yang hal tersebut bisa Anda lihat melalui buku panduaannya. Perawatan tersebut bisa dilakukan paling minim adalah satu bulan sekali selama 30 m3nit agar diketahui tekanan panas yang dihasilkan mesin genset dan juga metode pembuangannya. Ini pun bisa digunakan sebagai bentuk memperkecil terjadinya korsleting atau rusaknya genset yang diakibatkan sistem pemanas yang tak bekerja.

Memeriksa Sistem Pendingin

Pada umumnya setiap genset mempunyai sistem pendingin yang berguna untuk membuat kondisi mesin diesel genset menjadi stabil. Berkaitan dengan hal tersebut jangan lupa juga untuk melakukan pemeriksaan terhadap interval cairan coolant setiap harinya minimal sekali. Jika cairan yang terdapat pada genset berkurang drastis maka sesegera mungkin untuk memberikan tambahan air maupun aditif lain yang mampu bekerja sebagai pendingin atau lainnya yang telah direkomendasikan oleh buku petunjuk yang ada.

Itulah tips yang bisa diberikan sebagai upaya perawatan genset solar agar bertahan lebih lama. Hubungi tempat jual genset di Jakarta untuk informasi lebih lanjut lagi mengenai perawatan-perawatan genset yang sesuai dengan genset yang Anda miliki.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *